Rabu, 06 Agustus 2008

Strategi Komunikasi Melalui Internet pada Pemasaran Program Visit Indonesia Year 2008


Abstract:

Visit indonesia Year 2008 or often said VIY2008 is one of program which hard do by goverment in this year. With do this program Visit Indonesia Year 2008 goverment do efforts by give good image with Indonesia in the world and hoped foreigner increase list of aim trips to Indonesia. Look from industry prospect, so tourism that exactly to become industry as increase nation income. So,internet that exactly to promotion strategic of Visit Indonesia Year 2008.

Kata Kunci: Strategi Pemasaran Visit Indonesia, Internet


Latar Belakang

Visit Indonesia Year 2008 atau yang sering disebut VIY2008 ini adalah salah satu rencana Pemerintah dalam membangkitkan pariwisata Indonesia, juga berhubungan dengan hari kebangkitan nasional. Mengingat kembali gagasan Pada tanggal 20 Mei 1908, Dr. Soetomo melontarkan gagasan untuk membentuk perkumpulan Boedi Oetomo. Perkumpulan politik yang terbuka bagi seluruh suku dan agama ini adalah cikal-bakal dari berpikirnya sebagai sebuah bangsa yang tidak terkotak-kotak. Perkumpulan Boedi Oetomo telah menimbulkan kesadaran bahwa kebangkitan harus dari diri sendiri dan untuk bangkit perlu keberanian. “Semangat keberanian dan kesadaran untuk bangkit ini perlu kita teladani dan terapkan di semua sektor, termasuk sektor pariwisata. Oleh sebab itu saya hubungkan Visit Indonesia Year (VIY) 2008 dengan kebangkinan nasional Celebrating 100 Year of National Awakening," oleh Menbudpar “Jero Wacik” dalam sambutannya pada peringatan 100 Tahun Kebangkitan Nasional di Museum Kebangkitan Nasional Jakarta. Dikatakan, kita harus menyadari bahwa kebangkitan pariwisata dimulai dari diri sendiri dan untuk itu perlu keberanian dengan semangat berpikir sebuah bangsa. "Program VIY bukan program Depbudpar, bukan program pemerintah, tetapi program seluruh bangsa," oleh Menbudpar Kembali, Walaupun Pemerintahlah yang memfasilitasinya. VIY adal salah satu Program yang sedang gencar dilaksanakan oleh pemerintah Indonesia di tahun ini. Program yang telah berjalan setengah tahun ini sudah hampir menunjukan kesuksesan dalam pelaksanaannya. Itulah salah satu bukti langkah keseriusan pemerintah dalam mempromosikan Indonesia di mata dunia, Salah satunya promosi kebudayaan dan pariwisata dan potensi lainya.

Tentu saja ini tidak semulus dan selancar dengan apa yang diharapkan, Tantangan demi tantangan terus memaksa pemerintah untuk memberikan pelayanan infrastuktur yang terbaik juga memberikan rasa percaya bagi para turis manca negara maupun domestik. Pemerintah terus berusaha keras untuk program ini, selain memberi rasa percaya akan keamanan Negara Indonesia juga pemerintah harus benar-benar siap dengan program yang di usung pada awal tahun ini. Isu yang beredar akhir-akhir ini menyebutkan bahwa Indonesia tidak aman untuk dikunjungi karena terdapat sarang teroris, ingat saja tragedi Bom Bali 2 pada tahun 2004 lalu yang menelan beberapa korban turis asing yang berkebagsaan Australia dan Eropa, tragedi ini yang masih menyisakan rasa trauma bagi siapapun untuk mengunjungi Indonesia, bahkan beberapa negara didunia telah memberikan larangan perjalanan (travel Warning) ke Indonesia dengan alas an keamanan. Maka dengan mengusung program Visit Indonesia Year 2008 ini pemerintah berusaha memberikan citra yang baik terhadap Indonesia dimata dunia dan diharapkan Turis asing menambahkan daftar tujuan perjalanan ke Indonesia.

Dilihat dari prospek industri, maka pariwisatalah yang tepat untuk dijadikan industri sebagai penunjang devisa negara. Seperti Negara Singapura yang telah berhasil mengangkat pariwisata negaranya menjadi tujuan utama para pelancong untuk menghabiskan masa libur, melakukan perjalanan dan Shoping. Singapura cukup berhasil melasanakan program tersebut. Ini yang sepatutnya ditiru Indonesia mengingat Indonesia adalah Negara yang kaya akan budaya dan pariwisata. Dengan media Internet pula pemerintah mempromosikan program Visit Indonesia year 2008 ini, karena dapat menjangkau ke berbagai belahan dunia manapun dan sangat mudah untuk di akses juga dapat lebih menghemat waktu. Maka Internet lah media yang tepat untuk strategi promosi Program Visit Indonesia Year 2008 ini


    • Bagiamana strategi komunikasi pemasaran Visit IndonesiaYear 2008?

    • Bagaimana orang menggunakan perangkat-perangkat ini, termasuk interaktivitas, hypertext, dan multimedia?

    • Bagaimana Internet membawa perubahan pada media komunikasi sebelumnya?


      TEORI KOMUNIKASI DUNIA MAYA

      Perubahan terbesar di bidang komunikasi 40 tahun terakhir (sejak munculnya TV) adalah penemuan dan pertumbuhan Internet. Bab ini kita akan membahas komunikasi digital, termasuk Internet. Tetapi komunikasi digital juga mencakup elemen-elemen yang tidak ada pada Internet, seperti CD-ROM, multimedia, atau perangkat lunak komputer VR/Virtual Reality. Yang pertama dibahas adalah gambaran umum tentang perkembangan dan konsep-konsep penting dalam komunikasi digital, lalu aplikasi teori komunikasi yang ada pada media baru dan kemudian menyimpulkan dengan memerhatikan teori asli dan riset-riset yang berhubungan dengan komunikasi dunia maya.

      Internet adalah jaringan komputer dunia yang mengembangkan ARPANET, suatu sistem komunikasi yang terkait dengan pertahanan-keamanan yang dikembangkan pada tahun 1960-an. Manfaat sistem komunikasi yang berjaringan ini dengan cepat ditangkap oleh para peneliti dan pendidik secara umum. Akhir-akhir ini, melalui komputer di rumah, modem, dan warnet, serta melalui layanan-layanan seperti Web-TV, Internet hadir untuk publik.

      Internet telah berkembang secara fenomenal, baik dari segi jumlah host computer (komputer induk) maupun dari segi penggunanya, selama beberapa tahun terakhir.

      Pelacakan jumlah pengguna Internet lebih sulit lagi dilakukan. Masing-masing perusahaan memakai metode berbeda dan memberikan hasil yang berbeda pula. Satu sumber industri melaporkan bahwa terdapat 83 juta pengguna Web di Amerika Serikat pada tahun 1999, naik 26% dari tahun sebelumnya (Thompson, 1999). Penelitian lain menemukan bahwa lebih dari 79,4 juta orang dewasa, atau 38% populasu AS yang berusia 16 tahun ke atas, adalah pengguna Internet pada bulan Maret 1999 (IntelliQuest 1999)

      Internet memungkinkan hampir semua orang di belahan duni manapun untuk saling berkomunikasi dengan cepat dan mudah. Fitur Internet paling populer adalah e-mail, sebuah fitur yang dipakai oleh para pengguna Internet untuk bertukar pesan dengan orang lain yang memiliki alamat e-mail, dan world wide web (www), sebuah sistem situs komputer yang sangat luas dan dapat dikunjungi oleh siapa saja dengan program browser dan dengan menyambungkan komputer pada Internet. World wide web mulai tumbuh pesat setelah browser-browser seperti Mosaic, Netscape, dan Explorer muncul dan menjadikan www dapaty diakses oleh siapa saja.

      Selain itu, Internet mengubah komunikasi dengan beberapa cara fundamental. Media massa tradisional pada dasarnya menawarkan model komunikasi “satu-untuk-banyak”. Internet menawarkan potensi komunikasi yang lebih terdesentralisasi dan lebih demokratis dibandingkan yang ditawarkan oleh media massa sebelumnya.

      Internet memberikan perangkat praktis untuk menjadi penerbit tingkat dunia, yang dengan sendirinya merupakan sebuah perkembangan revolusioner.

      Perkembangan baru dalam telnologi komunikasi seperti Internet juga menyebabkan perbedaan antara media massa semakin tipis dibandingkan sebelumnya. Banyak koran dan sumber siaran berita sekarang ini memiliki website yang mereka pakai untuk menyalurkan berita. Rangkaian komputer dan televisi juga mulai berpadu, contohnya Web-TV, sebuah sistem yang didalamnya kita bisa melengkapi TV dengan keybord lalu dapat digunakan untuk Web/Internet.


      KONSEP DASAR DALAM KOMUNIKASI DIGITAL

      Dunia Maya (Cyberspace)

      Istilah “dunia maya” memiliki beberapa makna berbeda. Dalam novel William Gibson (1984/1994), Neuromancer, istilah dunia maya muncul pertama kalinya untuk merujuk pada jaringan informasi luas yang oleh para penggunanya disebut dengan console cowboys akan “muncul”, atau koneksi langsung dengan sistem-sistem syaraf mereka.

      Berikut adalah sebuah definisi lebih formal yang dikembangkan dari konsep Gibson tetapi memberikan keterkaitan langsung dengan sistem syaraf: “Dunia maya adalah realita yang terhubung secara global, didukung komputer, berakses komputer, multidimensi, artifisial, atau “virtual”. Dalam realita ini, dimana setiap komputer adalah sebuah jendela terlihat atau terdengar objek-objek yang bukan bersifat fisik dan bukan representatif objek-objek fisik, namun lebih merupakan gaya, karakter dan aksi pembuatan data, pembuatan informasi murni”.


      APLIKASI TEORI-TEORI YANG ADA UNTUK KOMUNIKASI DUNIA MAYA

      Apa tugas para peneliti dan pakar teori komunikasi terkait dengan pesatnya perubahan dalam teknologi komunikasi? Para peneliti seharusnya berfokus pada sisi kemanusiaan dari kemajuan komunikasi. Mereka seharusnya melakukan penelitian yang tidak akan dilakukan oleh para insinyur software (perangkat lunak).


      Penentuan Agenda (Agenda Setting)

      Banyak riset telah mendokumentasikan dampak penentuan agenda pada media massa konvensional. Tetapi, apakah penentuan agenda juga akan terjadi melalui Internet atau bentuk-bentuk komunikasi cyber lain? satu kemungkinannya adalah bahwa audiens situs-situs berita pada world wide web sangat sulit terkena dampak penentuan agenda. Sebaliknya, mungkin juga bahwa beberapa situs mendapat cukup perhatian atas terjadinya sebuah dampak penentuan agenda.

      Ujian penentuan agenda pada world wide web dilakukan oleh Myung-ho Yoon (1998), seorang mahasiswa pascasarjana (S2) di University of Texas. Yoon ingin melihat apakah pemanfatan situs-situs koran Korea oleh mahasiswa di University of Texas mempengaruhi pemikiran mereka tentang isu-isu ekonomi terpenting di Korea. Para mahasiswa Korea diberi pertanyaan dalam sebuah survei via telepon tentang apa isu paling penting yang sedang dihadapi ekonomi Korea menurut mereka. Yoon juga melakukan analisis ini terhadap bidang ekonomi/bisnis tiga koran Korea terbesar di Web.


      Pembahasan

      PENGENALAN INTERNET DALAM PROMOSI VISIT INDONESIA YEAR 2008

      Pengertian Internet

      Internet dapat diartikan sebagai jaringan komputer luas dan besar yang mendunia, yaitu menghubungkan pemakai komputer dari suatu negara ke negara lain di seluruh dunia, dimana di dalamnya terdapat berbagai sumber daya informasi dari mulai yang statis hingga yang dinamis dan interaktif.

      Secara umum ada banyak manfaat yang dapat diperoleh apabila seseorang mempunyai akses internet. Kita bisa menjelajah ke negara lain (melalui dunia maya tentunya) tanpa harus pergi kesana. Kita juga bisa berkomunikasi, bertransaksi (bisnis) melalui internet. Dan masih banyak lagi manfaat yang kita dapat jika kita berada di dalam dunia maya ini.  


      Web Design

      Setelah melakukan penyewaan domain dan hosting serta penguasaan scripts, unsur situs yang paling penting dan utama adalah design. Design web sangat menentukan kualitas dan keindahan situs. Design sangat berpengaruh kepada penilaian pengunjung akan bagus tidaknya sebuah web site. Untuk membuat situs biasanya dapat dilakukan sendiri atau menyewa jasa web designer. Saat ini sangat banyak jasa web designer, terutama di kota-kota besar. Perlu diketahui bahwa kualitas situs sangat ditentukan oleh kualitas designer. Semakin banyak penguasaan web designer tentang beragam program/software pendukung pembuatan situs maka akan dihasilkan situs yang semakin berkualitas, demikian pula sebaliknya. Jasa web designer ini yang umumnya memerlukan biaya yang tertinggi dari seluruh biaya pembangunan situs dan semuanya itu tergantung kualitas designer.

      Publikasi

      Keberadaan situs tidak ada gunanya dibangun tanpa dikunjungi atau dikenal oleh masyarakat atau pengunjung internet. Karena efektif tidaknya situs sangat tergantung dari besarnya pengunjung dan komentar yang masuk. Untuk mengenalkan situs kepada masyarakat memerlukan apa yang disebut publikasi atau promosi.

      Publikasi situs di masyarakat dapat dilakukan dengan berbagai cara seperti dengan pamlet-pamlet, selebaran, baliho dan lain sebagainya tapi cara ini bisa dikatakan masih kurang efektif dan sangat terbatas. cara yang biasanya dilakukan dan paling efektif dengan tak terbatas ruang atau waktu adalah publikasi langsung di internet melalui search engine - search engine (mesin pencari, spt : Yahoo, Google, Search Indonesia, dsb).

      Cara publikasi di search engine ada yang gratis dan ada pula yang membayar. Yang gratis biasanya terbatas dan cukup lama untuk bisa masuk dan dikenali di search engine terkenal seperti Yahoo atau Google. Cara efektif publikasi adalah dengan membayar, walaupun harus sedikit mengeluarkan akan tetapi situs cepat masuk ke search engine dan dikenal oleh pengunjung.

      Dilihat Dari kepraktisan mengakses, Maka Dengan media internet pemerintah mencoba mengakat nama Indonesia di mata dunia dengan mengusung Program Tahun Kunjungan Indonesia 2008 atau yang juga disebut Visit Indonesia Year 2008 ini. Strategi promosi nya juga menggunakan berbagai media, yang salah satunya dengan media internet. Dengan mengunjungi web ”debudpar.com” dan berbagai web lainnya yang telah disediakan oleh pemerintah ialah bertujuan agar promosinya mudah untuk di jangkau dimanapun kita berada. Ada banyak manfaat yang dapat diperoleh apabila seseorang mempunyai akses internet. Kita bisa menjelajah ke negara lain (melalui dunia maya tentunya) tanpa harus pergi kesana. Kita juga bisa berkomunikasi, bertransaksi (bisnis) melalui internet. Keberadaan internet mampu mengubah semua itu, karena kita dapat mengakses sumber informasi dengan begitu mudah dan tidak terbatas jumlahnya, dan masih banyak lagi manfaat yang kita dapat jika kita berada di dalam dunia maya ini.


      Dari data yang didapat menujukkan bahwa program ini menunjukan kemajuan

      Kunjungan Wisman Januari-Mei 2008 Mencapai 2,37 Juta, Tumbuh 12,95%

      Kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke Indonesia pada lima bulan pertama (Januari-Mei) 2008 secara komulatif mencapai 2.3 juta kunjungan atau meningkat (tumbuh) sebesar 12,95% dibanding periode yang sama tahun 2007 sebanyak 2,10 juta orang, demikian Kepala Biro Pusat Statistik (BPS), Rusman Heriawan dalam keterangan pers di Jakarta, Selasa (1/7).

      Sementara kunjungan wisman pada Mei 2008 mencapai 509,0 ribu atau naik 13,86%  dibanding jumlah wisman Mei 2007 sebanyak 447,0 ribu orang. Dibanding April 2008, jumlah wisman pada Mei 2008 mengalami kenaikan sebesar 10,85%, katanya.  

      Dikatakan, jumlah wisman yang datang melalui 11 pintu masuk utama pada Mei 2008 naik 18,13%  dibanding bulan sama tahun sebelumnya, yaitu dari 362,6 ribu orang menjadi 428,3 ribu orang. Sedangkan dibanding April 2008, wisman yang datang melalui 11 pintu masuk mengalami kenaikan sebesar 12,79%.4 poin, yaitu dari 61,62%  pada Maret 2008 menjadi 55,68% pada April 2008.  

      BPS menyebutkan untuk tingkat penghunian kamar (TPK) hotel berbintang di 14 Daerah Tujuan Wisata (DTW) pada April 2008 mencapai rata-rata 49,07% atau naik 0,44 poin dibanding TPK Maret 2008 yang besarnya 48,63%. TPK hotel berbintang di Bali turun 5,94 poin, yaitu dari 61,62%  pada Maret 2008 menjadi 55,68% pada April 2008. (Pusformas)



      KESIMPULAN

      Istilah dunia maya merujuk pada dunia metaforis dimana banyak bentuk komunikasi elektronik dipakai. Porsi terbanyak dunia maya dipakai di dunia Internet, jaringan dari jaringan komputer yang berkembang pesat. Internet merubah komunikasi dengan cara yang sangat mendasar, termasuk melibatkan banyak interaktivitas antara komunikator dan pengguna, dalam arti ia meredefinisi konsep komunikasi dunia maya.

      Dunia maya menawarkan kesmepatan membentuk komunitas yang sebenarnya, orang yang memiliki kesamaan ketertarikan dan bertemu hanya melalui elektronik. Tetap dapat dilihat dengan cara apa komunitas maya menghadirkan media sebagaimana aslinya dan cara apa yang tidak.

      Media komunikasi elektronik ini membuat perubahan besar dalam masyarakat. Para peneliti baru saja mulai mengeksplorasi sisi-sisi positif dan negatif dari bentuk-bentuk komunikasi dunia maya yang ada di hadapan masyarakat yang berkembang pesat itu.

      Internet dapat diartikan sebagai jaringan komputer luas dan besar yang mendunia, yaitu menghubungkan pemakai komputer dari suatu negara ke negara lain di seluruh dunia, dimana di dalamnya terdapat berbagai sumber daya informasi dari mulai yang statis hingga yang dinamis dan interaktif.

      Ada banyak manfaat yang dapat diperoleh apabila seseorang mempunyai akses internet. Kita bisa menjelajah ke negara lain (melalui dunia maya tentunya) tanpa harus pergi kesana. Kita juga bisa berkomunikasi, bertransaksi (bisnis) melalui internet. Keberadaan internet mampu mengubah semua itu, karena kita dapat mengakses sumber informasi dengan begitu mudah dan tidak terbatas jumlahnya, dan masih banyak lagi manfaat yang kita dapat jika kita berada di dalam dunia maya ini.

2 komentar:

Ruben nurdiasmanto mengatakan...

ciank, blognya pasangi iklan biar dapat duit, aku liat di search engine blog saudara lumayan teratas , ni link program bisnis www.kumpulblogger.com yang menyediakan iklan dan kita dapat bayaran

arison mengatakan...

wah artikelnya keren,bisa nambah wawasan nih...salam kenal